23 Mar 2019

PERINGATI HPN WARTAWAN BEDAH RUMAH

Bupati Kulon Progo Progo dr.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) beserta rombongan, turut serta bedah rumah. Minggu (10/2/2019). Bedah rumah dilaksanakan di wilayah Kecamatan Pengasih dan Kokap. Bedah rumah dilakukan di kediaman Tusiran, Milir Rt 12/06, Kedungsari, Pengasih dan Catur Kuswanto, Sidowayah Rt 28/09 Hargowilis Kokap.

Turut hadir perwakilan Dinas Kominfo beserta karyawan sebagai pendamping, Forum Peduli Kulon Progo (FPKP), Camat dan Muspika Pengasih dan Kokap dan Persatuan Wartawan Kulon Progo (PWK), turut hadir juga kepala sekolah (kepsek) SMP Negeri 2 Pengasih dan SMP Negeri 1 Kokap, untuk berpartisipasi dalam bedah rumah kali ini. 

Bedah rumah kali ini juga memperingati Hari Pers Nasional (HPN) 2019, yang jatuh pada 9 Februari.  Bersama PWK. Kegiatan ini diselenggarakan agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut sekaligus menunjukkan kepedulian PWK kepada masyarakat miskin.

Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo, turut hadir dalam bedah rumah ini berharap aksi sosial yang dilakukan PWK dapat diikuti pihak-pihak lain. Selain itu dengan turut sertanya insan pers terjun membantu masyarakat, dapat mendekatkan peran media dengan warga. Di juga menekankan agar media dapat mencerdaskan masyarakat.

"Saya harap pers dapat mencerdaskan masyarakat dan peran memberikan info obyektif, seimbang dan tidak mengandung unsur provokatif," kata Hasto.

Hasto menambahkan meminta agar pers memiliki ideologi  yang berpihak ke rakyat. Tujuannya supaya dapat membangun ekonomi, dan kemandirian masyarakat. "itu yang betul-betul kami harapkan," ujarnya.

Ketua PWK, Asrul Sani mengatakan kegiatan bertajuk Bhakti Sosial Bedah Rumah ini bertujuan membantu keluarga kurang mampu agar memiliki hunian yang lebih layak. Karena rumah layak hunii merupakan kebutuhan vital masyarakat. Namun demikian masih banyak ditemui hunian yang tidak layak di Kulonprogo.

Atas hal itu, kegiatan ini diselenggarakan agar dapat memenuhi kebutuhan tersebut sekaligus menunjukkan kepedulian PWK kepada masyarakat miskin.

"Dengan memiliki rumah layak huni, warga yang terbantukan menjadi tidak resah jika nanti hujan, mereka juga bisa lebih nyaman dan fokus konsentrasinya dalam bekerja demi memenuhi kebutuhan keluarga," kata Asrul.

Lewat kegiatan ini, Asrul juga menambahkan ingin memancing masyarakat Kulonprogo untuk melakukan aksi serupa, tapi tidak sebatas bedah rumah, melainkan kegiatan sosial lainnya. Ini merupakan bentuk kepedulian antar sesama warga Bumi Menoreh, julukan Kabupaten Kulonprogo.

Dalam kegiatan ini, para wartawan yang tergabung dalam PWK sebelumnya telah menggalang dana hingga terkumpul uang bantuan senilai Rp10 juta. Uang itu kemudian diserahkan kepada Catur sekeluarga.

Selain memberi bantuan materi, para wartawan bersama masyarakat sekitar turun langsung bergotong royong membangun pondasi rumah lokasinya tepat di depan rumah lama keluarga tersebut.

Dalam bedah rumah itu Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kulonprogo, Diskominfo Kulonprogo, Rutan Klas IIB Wates, Camat dan Muspika Pengasih, FPKP dan SMP Negeri 1 Kokap dan SMP Negeri 2 Pengasih ikut memberikan bantuan dana dan perlengkapan rumah tangga. Sementara itu camat Kecamatan Kokap juga menyerahkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) kepada pemilik rumah baru tersebut.

Tags :  
Kulon Progo
 
Bedah Rumah
 
HPN
 
2019
 
PWK

Berita Terkait

SubDomain