Bupati Kulon Progo Terima Bantuan APD Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah DIY

Kebutuhan tenaga medis akan Alat Pelindung Diri (APD) untuk oprasional penanganan pasien Covid-19 di fasilitas kesehatan masih menjadi hal yang premier. Pemkab Kulon Progo menerima bantuan peralatan kesehatan penanggulangan Covid-19 dari Satgas Bencana Nasional Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Wilayah DIY. Senin (18/5/2020). 

Bantuan diterima oleh Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo didampingi Kepala RSUD Wates, Nyi Ageng Serang dan Dinas Kesehatan Kulon Progo. Bantuan berupa 76 APD Disposable, 8 APD Lengkap, 34 box Masker, dan 8 unit Sepatu Medik. Nantinya APD tersebut untuk memenuhi kebutuhan tugas tenaga medis di dua rumah sakit rujukan Covid-19 di Kulon Progo.

Anggota Komisi VI DPR RI H. Subardi, S.H., M.H mengatakan Kementerian BUMN merupakan mitra komisi VI, karena BUMN merupakan bagian gugus tugas dalam penangnan Covid-19 di Indonesia. Maka dari itu Kemnterian BUMN membentuk gugus tugas di 34 kabupaten untuk turut serta menangani wabah Covid-19 dengan membuat APD. Dari 142 BUMN di Indonesia, ada BUMN yang membuat APD ini.

“Untuk DIY dalam penyaluran bantuan akan di serahkan di lima Kabupaten/kota. Yaitu Bantul, Gunung Kidul dan Sleman, Kota. Khusus Kulon Progo yang terakhir, kualitas APD yang dihasilkan BUMN telah memenuhi standar dan kualitasnya,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyampaikan ucapan terimakasih atas kepeduliannya dari Satgas Bencana Nasional BUMN Wilayah DIY yang telah memberikan bantuan APD untuk rumah sakait rujukan di Kulon Progo, yaitu RSUD Wates dan RSUD Nyii Ageng Serang.

“Bantuan ini sangat bemanfaat, karena kami terus siaga terhadap Covid-19, kaena belum tahu kapan akan selesai, kami tetap waspada untuk kemungkinan penambahan kasus tersebut,” kata Sutedjo. MC Kulon Progo/ry