Peduli Covid-19, Pemda DIY Bagi-Bagi Masker di Pasar Hewan Pengasih

Pemda DIY mengadakan kegiatan bertemakan wajib pakai masker. Bukan hanya di wilayah kota Yogyakarta saja namun juga menjangkau ke kabupaten di DIY. Di Kulon Progo bagi-bagi masker itu menyasar masyarakat yang beraktivitas di pasar tradisional yakni Pasar Hewan Terpadu, Kapanewon Pengasih.  Masker itu dibagikan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika DIY bersama jajaran Pemkab Kulonprogo, selaku perwakilan Pemda DIY. Jumat (15/05/2020).

Gerakan yang bertujuan untuk memutus rantai penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) itu diwujudkan dengan aksi bagi-bagi masker gratis di 60 titik di wilayah DIY. 

Para penjual dan pembeli di pasar hewan tersebut mendapatkan masker non medis secara gratis. Lokasi itu juga dipasang banner bertuliskan Area Wajib Pakai Masker.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Diskominfo DIY, Rahmat Sutopo mengatakan kegiatan ini digelar dalam rangka mengajak masyarakat untuk selalu mengenakan masker selama pandemi COVID-19 dimanapun.

"Tujuan utama kegiatan ini untuk membangun kesadaran masyarakat memakai masker. Karena kita agak khawatir masyarakat selama ini agak cuek, gak peduli. Kita berupaya saling menjaga diri lewat mengenakan masker,"  katanya. 

Salah satu warga yang mendapatkan masker yakni Rahman (25 tahun) mengaku sangat senang mendapatkan masker gratis.

“Senang mendapat masker gratis, bisa untuk dipakai bergantia. Alhamdulillah bermanfaat sekali karena sekarang kemana-mana harus pakai masker.

Sementara itu, Bupati Kulonprogo, Drs. H. Sutedjo, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia mengatakan, sebelum pandemi COVID-19 berakhir, seluruh elemen masyarakat harus tetap mengenakan masker. Dengan mengenakan masker, maka bisa mengurangi risiko tertular virus corona.

"Saya juga bersyukur Pemda DIY ikut memantau langsung kegiatan hari ini," ujarnya. MC Kulon Progo/Hry.