Pembagian BST Di Kapanewon Girimulyo Berjalan Lancar Sesuai Protokol Covid-19

Bupati Kulon Progo didampingi oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Kulon Progo Drs.Y.Iriyanta,M.Si melakukan peninjuan ke 4 titik lokasi pembagian Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang disalurkan melalui PT.POS Indonesia unutk Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Kapanewon Girimulyo yaitu di Kalurahan Giripurwo, Kalurahan Jatimulyo, Kalurahan Purwosari dan Kalurahan Pendoworejo. Senin (11/05/2020). Peninjuan pembagian BST akan dilanjutkan di wilayah Kapanewon Temon, Selasa (12/05/2020).

Adapun jumlah penerima pada masing-masing Kalurahan yakni Kalurahan Giripurwo 211 KPM, Kalurahan Jatimulyo 230 KPM, Kalurahan Purwosari 202 KPM dan Kaluraham Pendoworejo 202 KPM.

Salah seorang penerima manfaat Novi (30th) mengungkapkan bahwa “Akibat dari pandemi Covid 19 ini, ia yang biasanya bekerja membuat wig di rumah sudah tidak menerima order pembuatan wig lagi dari pabrik pembuat wig Akibatnya penghasilannya berkurang,” ujarnya.

Novi nemambahkan ia sendiri juga tidak menerima termasuk Program Keluarga Harapan (PKH) maupun terdaftar pada Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), sehingga bantuan ini sangat berarti untuk menopang hidupnya selama pandemi.

Sementara itu Bupati Sutedjo menyatakan cukup puas dengan pelaksanaan pembagian BST yang sudah dilaksanakan di tiga kapanewon yakni Nanggulan, Kalibawang dan Girimulyo.

“Karena protokol Covid-19 sudah dijalankan dengan cukup baik dengan aturan jaga jarak, tidak menimbulkan kerumunan dan aturan mencuci tangan,” ujarnya

Selain itu, menurutnya pembagian BST ini dilakukan dengan cara terjadwal untuk setiap pedukuhan, sehingga tidak terjadi antrian panjang dan berdesak – desakan. “Berdasarkan pantauan hari ini bahkan masyarakat penerima manfaat bisa datang secara bergantian satu persatu sehingga suasana tampak lengang, hanya tampak petugas yang bersiap melayani,” kata Sutedjo.

Adapun pembagian BST dibantu oleh aparat dari Kodim, Polres Kulon Progo, Polsek setempat, Koramil, Hansip, dan Kamtibmas serta Puskesmas untuk melakukan pengecekan suhu sebelum masuk ke loket penerimaan. Bantuan BST ini sebesar Rp600 ribu yang diberikan setiap bulannya selama tiga bulan.

Penyaluran bantuan BST hari ini berjalan cukup lancar, bahkan seorang penerima manfaat bapak Widi Utomo warga Karanganyar Giripurwo yang mengalami keterbatasan fisik, langsung didatangi oleh petugas dari PT Pos Indonesia di pintu masuk tanpa harus masuk ke loket pelayanan. MC Kulon Progo/evi/hry.