Penyaluran BST Kulon Progo Tertib, Patuhi Protokol Kesehatan Covid-19

WATES, Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kulon Progo berlangsung tertib serta tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19. Diantaranya dengan mencuci tangan sebelum masuk ruangan, mengenakan masker dan tetap menjaga jarak aman. Kali ini bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) untuk para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kulon Progo tersebut diserahkan di Kapanewon Kalibawang dan Nanggulan. Minggu (10/05/2020).

Pemerintah Kulon Progo yang dibantu TNI dan Polri bersama PT. Pos sebagai pihak yang ditunjuk Kemensos RI berusaha memastikan penyaluran BST di Kulon progo tetap aman dan lancar. Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo menerangkan dengan gotong-royong dan tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi, proses penyaluran bantuan bisa dikoordinsikan dengan lebih baik.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua yang terlibat, termasuk TNI/Polri, relawan dan seluruh elemen juga warga punya semangat sama, keluar dari wabah ini. Alhamduillah semua berjalan lancar, masyarakat betul-betul melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 sehingga penyaluran bantuan dapat berjalan dengan tertib, serta tetap mematuhi protokol kesehatan penanganan Covid-19," ujarnya.

Setidaknya ada 2000 KPM di dua Kapanewon menerima bantuan tunai senilai masing-masing Rp 600.000. Kalurahan Jatisarono dengan KPM terbanyak di Kapanewon Nanggulan pun sama sekali tidak menimbulkan kerumunan. 

Sutedjo juga menghimbau kepada masyarakat penerima bantuan untuk memanfaatkan uang tunai yang diberikan dengan sebaik-baiknya, menggunakan uang dengan hemat dan seperlunya. "Istilahnya jangan untuk embyeng-embyeng, tapi digunakan untuk kebutuhan sehari-hari untik membeli makanan yang cukup bergizi meski tidak harus mahal," jelasnya. 

Salah satu penerima bantuan, Wariyem warga Desa Donomulyo, Kapanewon Nanggulan mengaku sangat senang mendapat bantuan dari pemerintah. Rencananya bantuan yang didapatkan akan digunakan untuk membeli sembako. "Alhamdulillah senang, uangnya untuk beli sembako dan keperluan sehari hari," ujarnya.