17.643 KPM Di Kulon Progo Terima BST Dari Kemensos RI

Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo meyerahkan secara simbolis Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) senilai Rp600 ribu, kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di Gedung Kesenian Wates. Sabtu (9/5/2020). Bantuan itu diberikan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 di Kulon Progo sejumlah 20.158 KPM, mekanisme penyerahan dilaksanakan melalui PT.Pos Indonesia dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Drs.Y.Irianta, M.Si mengatakan bahwa hari ini di Gedung Kesenian telah dilaksanakan Pembayaran Bantuan Sosial Tunai (BST) dampak pandemi Covid-19 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) wilayah Kapanewon Wates. Selanjutnya untuk Kapanewon yang lain akan dilakukan di masing-masing wilayahnya.

“BST diberikan dari Kemensos sejumlah 20.158 KPM, untuk penyerahan melalui Pos sejumlah 17.643 PKM, sedangkan sisanya 4 ribu melalui bank Himbara,” ujarnya

Selain, bansos tunai untuk jaring pengaman sosial di Kulon Progo, juga ada pembagian bansos sembako yang rutin dilaksanakan nantinya disalurkan pada 10 sampai 20 Mei, pada bansos sembako ada tamabahan Rp400 ribu, sehingga untuk penerima bantuan jika ditotal akan mendapat Rp600 ribu.

Tekait evaluasi pembagian bansos yang menimbulkan kerumunan ditengah wabah Covid-19 pihaknya tidak mengelak adanya kerumunan saat pembagian BST. Kami sudah mengantisipasi kedatangan masyarakat penerima bantuan dengan menjadwalkan di setiap undagan dengan waktu tertentu, namun warga tetap menghiraukannya, mungkin karena masyarakat khawatir tidak kebagian. Dinas Sosial juga sudah menyiapkan masker, hand sanitizer dan tempat cuci tangan, untuk masyarakat penerima bantuan.

Selain itu, Irianta menambahkan bahwa tidak ada data yang rangkap, sudah dilakukan verifikasi dan validasi data. Dengan demikian, jika ada data yang ganda, bisa diisi oleh yang layak memerima.

Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Yogyakarta Dra. Murhardjani, MP mengatakan kami mengapresiasi Kabupaten Kulon Progo, sehingga para penerima manfaat yang terdampak Covid-19 segera dapat memanfaatkan BST ini.

“Bantuan sosial tunai dari pemerintah pusat ini sebanyak 9 juta Kepala Keluarga (KK) kecuali wilayah Jabodetabek. Untuk Kulon Progo ada 20.158 KPM yang melalui Pos ada 17.643, untuk lainnya melalui bank Himbara. Untuk Kulon Progo ada penambahan kouta untuk penerima, karena tahun lalu untuk Kulon Progo terkait Jaring Pengaman Sosial ada 14.036 KPM,” jelasnya

Peran kami untuk mengkoordinasi dan memantau pelaksanaan, karena kami adalah salah satu, satuan kerja di daerah dari Kemnsos Pusat.

“Saat ini relatif tertib, menurut lapoan ada 1.250 warga menerima BST, sehingga dalam pelaksaannya mengabaikan protokol kesehatan, namun untuk pelaksaannya relatif tertib. Ada tiga meja untuk veritifikasi, pemotretan dan penyerahan uang,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Sutedjo menyampaikan terimkasih Kemensos RI yang telah merealisasikan bantuan dari pemerintah kepada masyarakat Kulon Progo terutama Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

“Tentu sangat berguna pada situsasi pandemi Covid-19 saat ini, kami berharap KPM memnfaatkan dan mendayagunakan bantuan ini dengan sebaik - baiknya. Karena bantuan ini merupakan komitmen pemerintah dari semua tingkatan untuk memperhatikan dampak wabah ini, bagi masyarakat, sehingga dapat meringankan beban masyarakat,” jelasnya. MC KP/hen/ry